5 Cara Buat Batu Alam Tiruandari Beton Dijamin Murah dan Berhasil!

Spread the love

Batu alam menjadi salah satu ornamen penting untuk rumah berkonsep apapun, karena menghadirkan nuansa natural dengan motif alaminya. Tapi berhubung harga produk aslinya cukup mahal, banyak yang mencoba membuat tiruannya dengan harga murah. Bahkan Anda juga bisa menggunakan cara buat batu alam tiruan itu sendiri, agar hemat biaya namun tetap memperindah interior dan eksterior rumah.

Cara Buat Batu Alam Tiruan Ini Patut Dicoba

Hanya dengan lima langkah berikut ini, Anda bisa mendapatkan batu alam tiruan dengan motif dan kualitas tak kalah dengan aslinya. Bahan dan alat yang dibutuhkan juga mudah didapat seperti semen, air, pasir, kayu, paku, dan kertas koran. Lalu lakukan lima langkah berikut ini secara berurutan, untuk menghasilkan batu alam sesuai keinginan.

1.     Buat Cetakan

Buatlah cetakan batu alam yang diinginkan, ukuran standarnya adalah persegi dengan panjang dan lebar 30 sentimeter. Bahan pembuatannya adalah kayu lis yang diberi siku pada ujung-ujungnya, untuk tinggi batu alam bisa disesuaikan dengan keinginan. Begitu juga dengan motif, bisa dibuat setelah batu dicetak nanti.

 

2.     Buat Bahan Batu Alam

Bahan batu alam tiruan ini biasanya adalah beton, yang dibuat dari campuran pasir super halus seperti jenis pasir elod. Bisa juga pasir pantai, dengan proses penyaringan menggunakan ayakan kawat nyamuk. Ditambah dengan semen, dengan perbandingan pasir 3 bagian dan semen 1 bagian. Kemudian beri air secukupnya, hingga bahan tercampur rata dan siap digunakan.

 

3.     Cetak Bahan

Letakkan koran di bagian bawah cetakan, kemudian tuang bahan batu alam ke dalam cetakan hingga ketinggian tertentu. Jika ingin membuat motif gelombang tinggal memanfaatkan garpu atau batang berukuran kecil, yang diaplikasikan pada permukaan bahan di dalam cetakan. Atau ingin diberikan sentuhan bebatuan, bisa dikolaborasikan dengan bahan beton saat dicetak.

 

4.     Keringkan

Setelah pencetakan, Anda bisa mengeringkan batu alam buatan tersebut. Jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari, karena akan membuat beton menjadi retak.Sebaiknya letakkan di tempat teduh, biarkan mengering alami terkena angin dan pantulan cahaya matahari. Biasanya dibutuhkan waktu maksimal 5 hari jika kondisi pengeringan mendukung.

 

5.     Gunakan

Anda bisa menjadikannya lapisan dinding, sama halnya dengan memasang keramik pada dinding bagian luar atau dalam rumah. Batu alam ini perlu direkatkan dengan acian, yang terbuat dari semen dicampur air. Selain itu bisa juga digunakan sebagai bahan pembuatan tiang aksesoris rumah, dengan membuatnya terlihat menumpuk indah.

 

Pada tahap penggunaan ini, sebaiknya disesuaikan juga dengan konsep bangunan. Sehingga tercipta keserasian dan detail batu alam, yang semakin menyempurnakan keindahan interior atau eksterior bangunan.

Buat Anda yang memang sangat ingin punya bagian rumah yang dilapisi batu alam, namun biaya terbatas. Sekarang sudah bisa membuatnya sendiri dengan cara buat batu alam tiruan di atas, hasilnya tidak kalah indah dibandingkan batu alam asli. Selamat mencoba semoga berhasil!

Leave a Comment