9 Jenis Batu Alam Dinding Rumah Minimalis

Spread the love

Ketika peradaban manusia dimulai, batu merupakan bahan pokok untuk membangun sebuah rumah. Ada banyak sekali jenis yang bisa dipilih. Baik itu untuk dekorasi dinding atau lantai. Nah berikut ini daftar 9batu alam dinding rumah minimalis terbaik yang bisa menjadi referensi agar rumah Anda terlihat indah.

Batu Alam Dinding Rumah Minimalis Terbaik

Batu alam dijadikan sebagai dinding rumah sedang tren di era modern ini. Mampu meningkatkan estetika dan menampilkan kesan natural tapi mewah membuatnya banyak diminati oleh masyarakat.

  1. Batu Palimanan

Disebut demikian karena didatangkan langsung dari Kecamatan Palimanan Cirebon. Berasal dari Gunung Ciremai yang terkenal akan kekuatan dan keawetannya. Biasanya diterapkan di dinding, taman dan kolam renang.

  1. Batu Gamping

Lebih terkenal dengan batu kapur. Kualitasnya sudah tidak diragukan lagi yaitu tahan segala suhu dan sangat kokoh. Tak heran banyak yang menggunakannya untuk dinding rumah. Tersedia beberapa warna yaitu abu, merah mudah, biru dan coklat.

  1. Batu Marmer (Marble)

Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ini? Mudah dibentuk sesuai keinginan membuatnya menjadi primadona. Warna yang terang menjadikan rumah Anda terlihat mewah dan elegan. Namun kekurangannya sangat sensitif terhadap cuaca, oleh karena itu lebih baik dipasang di interior.

  1. Batu Granit

Batu ini umumnya diletakkan di dinding kamar mandi. Hal ini dikarenakan teksturnya yang tidak mudah licin, anti gores dan tahan jamur. Biasanya juuga dijadikan bahan bangunan untuk kolam renang dan gedung perkantoran.

  1. Batu Candi

Bentuknya memang hampir sama dengan Palimanan, namun warnanya lebih kebahan pokok candi-candi peninggalan kerajaan Hindu Budha. Komposisinya berbeda dengan andesit dengan ciri pori-pori terbuka lebar dan mudah dirawat.

  1. Batu Andesit

Jika Anda sudah pernah belajar Ilmu Pengetahuan Alam, pastinya tidak asing lagi dengan batuan ini. Yaitu terbuat dari proses erupsi gunung berapi. Sudah sering dijadikan sebagai bahan pembangun dinding karena karakteristiknya yang kuat, tahan cuaca dan mudah dipasang.

  1. Batu Templek

Teksturnya yang tidak beraturan mendapatkan tempat tersendiri bagi para desainer rumah. Bentuknya yang indah dengan lempengan sedemikian rupa, sangat cocok digunakan sebagai material dinding eksterior.

  1. Batu Sukabumi

Warnanya hijau dan sering kali digunakan sebagai bahan dasar kolam ikan, renang atau pancuran air. Jadi bagi Anda yang ingin menghias dinding ala-ala air terjun, maka batu ini adalah pilihan yang tepat.

  1. Batu Paras Jogja

Biasanya dijadikan sebagai material penutup dinding rumah. Namun kekurangannya, tekstur yang cukup kasar membuat Anda harus rajin merawatnya.

Anda tinggal pilih salah satu dari 9 batu alam dinding rumah minimalis di atas. Sesuaikan dengan cat atau tema rumah agar terlihat lebih indah. Untuk harganya sangat bervariasi tergantung kualitas yang dimiliki masing-masing. Anda bisa survey terlebih dahulu di toko bangunan.

Leave a Comment